Krisis Politik! Kabinet Trudeau Terancam Runtuh

Krisis Politik! Kabinet Trudeau Terancam Runtuh – Kanada merupakan negara yang terletak di Amerika Utara dengan ibu kotanya bernama Ottawa. Kanada merupakan negara liberal yang pemerintahannya menggunakan perdana menteri dan kabinetk-kabinetnya sebagai pendukung pemerintah. Kabinet Trudeau merupakan kabinet yang dipimpin oleh Justin Trudeau selaku perdana menteri Kanada sekaligus kandidat yang mengikuti pemilu berikutnya. Selama pemerintahan Justin Trudeau, sejak awal banyak sekali masalah yang besar yang muncul hingga mengakibatkan pengunduran diri dari para pejabat serta menteri yang berada di bawah naungan kabinet Trudeau.

Salah satu berita menghebohkan yang dapat meruntuhkan kabinet Trudeau adalah mengenai pengunduran diri seorang pejabat tinggi Kanada yang membuat Justin Trudeau merasa tertekan dan memberikan efek yang besar bagi kabinet Trudeau. Gerald Butts, penasehat politik utama perdana menteri Kanada sekaligus sahabat dekat dari Justin Trudeau memberikan surat pengunduran dirinya beberapa bulan sebelum diadakan pemilu setempat. Dengan pengunduran diri yang dilakukan Gerald Butts, memberikan tekanan sekaligus menjadi pukulan terberat karean Gerald Butts dikenal sebagai pendukung utama sekaligus pelopor yang mengsukseskan pemilu kabinet yang dipimpin oleh Trudeau. Banyak pihak yang mengaitkan pengunduran Gerald Butts ini berkaitan dengan kasus tuduhan yang tengah terjadi dikalangan menteri dan pejabat dalam naungan kabinet Truduea.

Namun Gerald Butts membantah alasan tersebut dan mengatakan bahwa pengunduran dirinya tidak ada kaitannya sama sekali dengan kasus tuduhan serta krisis politik yang tengah menimpa pemerintahan Trudeau. Selain itu, banyak juga pihak yang mengaiktakan kemunduran Gerald Butts sebagai salah satu strategi politik yang digunakan lawan untuk menghancurkan politik yang dipimpin oleh Justin Trudeau agar kalah dalam pemilu setempat. Akan tetapi Gerald Butts juga membantah tuduhan tersebut dan menganggap pihak pemerintah telah melakukan tindakan yang telah sesuai atas tuduhan yang ditujukan terhadap para menteri dan mengambil tindakan pengunduran diri adalah jalan terbaik agar bisa menjauh dari perhelatan politik panas yang tengah terjadi. Pengunduran diri Gerald Butts memberikan kekosongan besar bagi kabinet yang dipimpin oleh Trudeau, terutama pengunduran diri tersebut dilakukan seminggu setelah Jody Wilson Raybould mengundurkan diri sebagai menteri kehakiman Kanada.

Gerald Butts merupakan kunci utama dalam kampanye pemilihan umum yang berhasil dilakukannya pada tahun 2015 yang berhasil membawa partai Liberal dari tempat ketiga dalam jajak pendapat menuju kemenangan sehingga berhasil membawa Justin Trudeau untuk menempati posisi perdana menteri Kanada. Dengan kasus kemunduran dua pejabat penting dalam kabinet Trudeau, pihak masyarakat mempertanyakan mengenai pemerintahan yang dijalankan oleh Trudeau dan merasa ragu apakah selama ini berjalan dengan baik atau tidak mengingat banyak sekali kasus politik yang terjadi didalam kabinet tersebut. Terutama pada kasus pengunduran diri yang dilakukan oleh Gerald Butts yang merupakan penasihat politik menteri sekaligus anggota agen slot yang menjadi pukulan besar bagi kebainet yang berada dibawah naungan Trudeau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!