Pemecatan Duta Besar Kanada Terkait Kasus Bos Huawei

Pemecatan Duta Besar Kanada Terkait Kasus Bos Huawei

Pemecatan Duta Besar Kanada Terkait Kasus Bos Huawei – Hubungan politik Kanada dengan China yang selalu menghasilkan banyak keuntungan dan terlihat baik-baik saja didepan publik, mulai mengalami kerenggangan akibat kasus yang menimpa salah satu eksekutif perusahaan besar di China dengan duta besar Kanada untuk China. Kasus tersebut bermula dari permintaan ekstradisi dari salah seorang eksekutif perusahaan besar China yang diketahui sebagai bagian eksekutif perusahaan elektronik Huawei, Meng Wanzhou. Meng Wanzhou merupakan putri dari pendiri perusahaan elekronik Huawei yang ditangkap di bandara membuat hubungan antara Kanada dan China menjadi renggang. Dengan munculnya kasus tersebut, perdana menteri Kanada, Justin Trudeau kemudian memberikan peringatan kepada duta besar Kanada untuk China agar menyerahkan surat pengunduran diri terkait dirinya yang terlibat dalam kasus ektradisi Meng Wanzhou.

Duta besar Kanada untuk China yang diketahui bernama John McCallum dapat terlibat dengan kasus ektradisi Meng Wanzhou lantaran mengemukakan kepada publik mengenai ektradisi Meng Wanzhou pada publik di Toronto. John McCallum kembali menegaskan bahwa proses ektradisi Meng Wanzhou tidak akan menghasilkan hal baik dan hanya bermotif politik saja. Dengan ungkapannya tersebut, John McCallum dituduh mengintervensi kasus Meng Wanzhou dan dikatakan hanya akan memperburuk keadaan apabila dikemukakan kepada publik. Sesuai tindakannya tersebut, perdana menteri Kanada, Justin Trudeau memberikan peringatan kepada John McCallum untuk melakukan pengunduran diri dari posisinya. Setelah menerima peringatan untuk memberikan surat pengunduran diri kepada perdana menteri Kanada, John McCallum segera melakukan pengunduran diri dari posisinya sebagai duta besar Kanada untuk China.

Namun dalam pengunudran diri John McCallum, banyak pihak yang beranggapan bahwa dia dipecat secara langsung tanpa peringatan dari posisinya. Selain itu, ada juga pihak yang menyayangkan mengenai pemecatan duta besar Kanada untuk China, lantaran John McCallum telah mengabdi selama 20 tahun untuk Kanada. Bahkan tidak sedikit yang menyakini bahwa pernyataan John McCallum mengenai kasus Meng Wanzo merupakan salah satu cara untuk mengurangi ketegangan antara Kanada dengan China. Sehingga banyak pihak yang menyayangkan keputusn perdana menteri Kanada, Justin Trudeau dalam pemecatan John McCallum.

Kasus penangkapan Meng Wanzhou dan permintaan ektradisi yang tidak dilakukannya, membuat pihak pemerintah China menjadi geram dan memulai tindakan secara tiba-tiba. Tindakan yang diambil pihak China antara lain dengan menyandera dua warga negara Kanada serta melakukan keputusan pengadilan untuk hukuman mati bagi salah satu warga Kanada yang kedapatan melakukan jual beli obat-obatan terlarang. Hukuman mati yang diberikan kepada narapidana warga Kanada tersebut mengalami perubahan secara mendadak dari keputusn awal yang semula hukuman 15 tahun penjara, menjadi hukuman mati saat itu juga. Pihak pemerintah China melakukan hal tersebut lantaran pihak Kanada masih menahan Meng Wanzhou meskipun pihak pemerintah China telah melakukan permintaan pelepasan serta negosiasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!