Motif Politik Dibalik Penangkapan Bos Huawei dan Pemecatan Dubes Kanada

Motif Politik Dibalik Penangkapan Bos Huawei dan Pemecatan Dubes Kanada

Motif Politik Dibalik Penangkapan Bos Huawei dan Pemecatan Dubes Kanada – Hubungan China dan Kanada yang sudah lama terjalin kini tengah renggang karena permasalahan yang timbul akibat penangkapan salah seorang eksekutif perusahaan besar di China. Penangkapan salah seorang eksekutif perusahaan China yang terjadi di bandara Vancouver membuat hubungan China dan Kanada menjadi rusak. Eksekutif perusahaan besar China yang ditangkap merupakan putri dari pendiri perusahaan teknologi Huawei, Meng Wanzhou yang ditankap waktu setempat di bandara Vancouver. Dalam kasus penangkapan tersebut, duta besar Kanada untuk China harus menyerahkan surat pengunduran dirinya terkait kesalahan berbicaranya yang disampaikan kepada publik dalam kasus penangkapan Meng Wanzhou.

Duta besar China untuk Kanada, John McCallum berkali-kali memberikan konfirmasi salah kepada public mengenai kasus penangkapan Meng Wanzhou yang dikatakan bahwa Meng Wanzhou merupakan orang yang memiliki pertahanan kuat dalam ekstradisi. Pihak pemerintah Kanada yang mendengar pernyataan tersebut menjadi geram karena John McCallum dianggap memberikan pernyataan yang salah untuk publik. Dalam pernyataan yang diberikan tersebut, John McCallum segera diperintahan untuk memberikan surat pengunduran diri kepada perdana menteri Justin Trudeau dan mengkonfirmasi kesalahannya kepada umum. Saat proses konfirmasi berlangsung, John McCallum merasa menyesal telah mengatakan hal sebelumnya dan meminta maaf yang sebesarnya kepada masyarakat juga pihak pemerintah.

Namun dalam kasus pemecatan yang dilakukan kepada John McCallum tidak sampai disitu saja, banyak masyarkat yang berspekulasi bahwa tindakan John McCallum merupakan siasat politik atau ada motif politik yang ingin dicapai oleh pihak pemerintah. Terlepas dari tuduhan motif politik yang dipikirkan oleh masyarakat Kanada, setelah berita penangkapan Meng Wanzhou selaku salah satu eksekutif perusahaan Huawei dan agen sbobet, pihak China segera melakukan tindakan dengan mengambil sandera warga Kanada yang berada di China. Bukan hanya itu saja, pihak pemerinatah China juga melakukan pengadilan ulang secara tergesa-gesa dan memberikan hukuman mati terhadap salah satu warga Kanada yang sebelumnya mendapat pidana 15 tahun penjara atas kasus penjualan obat-obatan terlarang menjadi pidana mati yang dilakukan saat itu juga.

Bukan hanya tindakan penyanderaan terhadap warga negara Kanada saja, pihak China juga melakukan boikot perdagangan terhadap elektronik keluaran Huawei agar tidak dijual di pasar Amerika dan memberikan ancaman pemboikotan terhadap warga negara Amerika yang hendak mengunjungi China. Meskipun pihak China melakukan pemboikotan serta memberikan ancaman dan memiliki sandera warga Kanada dan melakukan pengadilan ulang secara tergesa-gesa, pihak pemerintah Kanada masih belum memberikan tanda-tanda bahwa akan melepaskan Meng Wanzhou dan mengembalikannya ke China. Hal tersebut justru menambah renggang hubungan antara China dan Kanada yang sudah terjalin lama. Banyak masyarakat yang mempertanyakan kepastian pemerintah akan hubungan China dan Kanada serta banyak juga yang beranggapan bahwa John McCallum hanya dijadikan kambing hitam demi mencapai motif politik yang disembunyikan oleh pemerintah.

Pengunduran Diri Menteri Kanada Kembali Pukul Justin Trudeau
Berita Blog Informasi

Pengunduran Diri Menteri Kanada Kembali Pukul Justin Trudeau

Pengunduran Diri Menteri Kanada Kembali Pukul Justin Trudeau – Justin Trudeau merupakan perdana menteri Kanada yang menjabat hingga saat ini. Dalam kepemimpinannya, Justin Trudeau membawahi banyak anggota menteri yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi kenegaraan. Selama masa kepemimpinan Justin Trudeau sebagai perdana menteri Kanada, banyak sekali kejadian politik yang memberikan dampak bagi mental Justin Trudeau. Salah satu kejadian yang membuatnya sempat terpukul adalah mudnurnya salah satu menteri Kanada yang bertugas memberikan dukungan pada Justin Trudeau. Mundurnya salah satu menteri dalam kabinetnya memberikan pukulan yang hebat bagi Justin Trudeau, lantaran pengunduran diri menterinya kali ini merupakan pengunduran diri yang kedua dari kabinet Trudeau selang beberapa bulan sebelumnya dari pengunduran diri menteri yang pertama.

Dengan adanya hal tersebut, membuat Trudeau merasa terpukul dan pesimis akan kekuatan yang dimilikinya untuk mengikuti acara pemilu di Kanada. Menteri dari kabinet Trudeau yang mengundurkan diri adalah presiden dewan keuangan Jane Philpott yang digembor-gembor memiliki kekuatan dan pengaruh besar dalam pemerintahan. Selain itu, menteri perempuan berusia 58 tahun tersebuut merupakan salah satu menteri jenius yang sangat ahli dalam pengurusan bidang pengeluaran negara. Jane Philpott mengundurkan diri dari kabinet Trudeau, lantaran merasa kecewa dengan sikap dan tindakan pemerintah terhadap kasus politik yang mengenai para menteri. Kasus politik mengenai para menteri yang dimaksud Jane Philpott adalah kasus mengenai tuduhan terhadap bahwa para pejabat secara tidak tepat menekan mantan Menteri Kehakiman Jody Wilson Raybould, untuk membantu perusahaan judi bola dan perusahaan konstruksi besar SNC-Lavalin Group Inc (SNC.TO) agar bisa menghindari pengadilan.

Jane Philpott merasa kecewa dengan sikap dan tindakan pemerintah yang tidak transparan dalam menyelesaikan kasus politik yang mengenai para menteri tersebut. Terlebih lagi, tidak aadanya penyelidikan ulang yang dilakukan akan tuduhan kasus yang bersangkutan. Jane Philpott merupakan orang yang dekat sekaligus sahabat Jody Wilson Raybould memutuskan untuk menyerahkan surat pengunduran diri kepada Justin Trudeau selang beberapa bulan setelah pengunduran diri Jody Wilson Raybould tersebut. Meskipun merasa kecewa karena kehilangan salah satu menteri wanita yang berpengruh dalam kabinetnya, Justin Trudeau menghormati keputusan Jane Philpott dan tidak membahas secara khusus mengenai pengunduran dirinya. Justin Trudeau juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang diberikan Jane Philpott selama pemerintahan kabinetnya.

Dengan adanya berita mengenai dua menteri yang mengundurkan diri, pihak masyarakat mempertanyakan sangat mengkhawatirkan akan kelangsungan pemerintahan yang dipegang oleh Justin Trudeau, mengingat dalam waktu beberapa bulan sudah ada dua menteri berpengaruh yang mengundurkan diri dengan alasan kekecewaan terhadap sikap dan tindakan pemerintah dalam mengangani kasus politik di Kanada. Selain itu juga, banyak dari pihak masyarakat yang mempertanyakan apakah akan ada menteri yang melakukan pengunduran diri lagi atau tidak.

Pemecatan Duta Besar Kanada Terkait Kasus Bos Huawei
Berita Blog Informasi

Pemecatan Duta Besar Kanada Terkait Kasus Bos Huawei

Pemecatan Duta Besar Kanada Terkait Kasus Bos Huawei – Hubungan politik Kanada dengan China yang selalu menghasilkan banyak keuntungan dan terlihat baik-baik saja didepan publik, mulai mengalami kerenggangan akibat kasus yang menimpa salah satu eksekutif perusahaan besar di China dengan duta besar Kanada untuk China. Kasus tersebut bermula dari permintaan ekstradisi dari salah seorang eksekutif perusahaan besar China yang diketahui sebagai bagian eksekutif perusahaan elektronik Huawei, Meng Wanzhou. Meng Wanzhou merupakan putri dari pendiri perusahaan elekronik Huawei yang ditangkap di bandara membuat hubungan antara Kanada dan China menjadi renggang. Dengan munculnya kasus tersebut, perdana menteri Kanada, Justin Trudeau kemudian memberikan peringatan kepada duta besar Kanada untuk China agar menyerahkan surat pengunduran diri terkait dirinya yang terlibat dalam kasus ektradisi Meng Wanzhou.

Duta besar Kanada untuk China yang diketahui bernama John McCallum dapat terlibat dengan kasus ektradisi Meng Wanzhou lantaran mengemukakan kepada publik mengenai ektradisi Meng Wanzhou pada publik di Toronto. John McCallum kembali menegaskan bahwa proses ektradisi Meng Wanzhou tidak akan menghasilkan hal baik dan hanya bermotif politik saja. Dengan ungkapannya tersebut, John McCallum dituduh mengintervensi kasus Meng Wanzhou dan dikatakan hanya akan memperburuk keadaan apabila dikemukakan kepada publik. Sesuai tindakannya tersebut, perdana menteri Kanada, Justin Trudeau memberikan peringatan kepada John McCallum untuk melakukan pengunduran diri dari posisinya. Setelah menerima peringatan untuk memberikan surat pengunduran diri kepada perdana menteri Kanada, John McCallum segera melakukan pengunduran diri dari posisinya sebagai duta besar Kanada untuk China.

Namun dalam pengunudran diri John McCallum, banyak pihak yang beranggapan bahwa dia dipecat secara langsung tanpa peringatan dari posisinya. Selain itu, ada juga pihak yang menyayangkan mengenai pemecatan duta besar Kanada untuk China, lantaran John McCallum telah mengabdi selama 20 tahun untuk Kanada. Bahkan tidak sedikit yang menyakini bahwa pernyataan John McCallum mengenai kasus Meng Wanzo merupakan salah satu cara untuk mengurangi ketegangan antara Kanada dengan China. Sehingga banyak pihak yang menyayangkan keputusn perdana menteri Kanada, Justin Trudeau dalam pemecatan John McCallum.

Kasus penangkapan Meng Wanzhou dan permintaan ektradisi yang tidak dilakukannya, membuat pihak pemerintah China menjadi geram dan memulai tindakan secara tiba-tiba. Tindakan yang diambil pihak China antara lain dengan menyandera dua warga negara Kanada serta melakukan keputusan pengadilan untuk hukuman mati bagi salah satu warga Kanada yang kedapatan melakukan jual beli obat-obatan terlarang. Hukuman mati yang diberikan kepada narapidana warga Kanada tersebut mengalami perubahan secara mendadak dari keputusn awal yang semula hukuman 15 tahun penjara, menjadi hukuman mati saat itu juga. Pihak pemerintah China melakukan hal tersebut lantaran pihak Kanada masih menahan Meng Wanzhou meskipun pihak pemerintah China telah melakukan permintaan pelepasan serta negosiasi.

Krisis Politik! Kabinet Trudeau Terancam Runtuh
Berita Blog Informasi Organisasi

Krisis Politik! Kabinet Trudeau Terancam Runtuh

Krisis Politik! Kabinet Trudeau Terancam Runtuh – Kanada merupakan negara yang terletak di Amerika Utara dengan ibu kotanya bernama Ottawa. Kanada merupakan negara liberal yang pemerintahannya menggunakan perdana menteri dan kabinetk-kabinetnya sebagai pendukung pemerintah. Kabinet Trudeau merupakan kabinet yang dipimpin oleh Justin Trudeau selaku perdana menteri Kanada sekaligus kandidat yang mengikuti pemilu berikutnya. Selama pemerintahan Justin Trudeau, sejak awal banyak sekali masalah yang besar yang muncul hingga mengakibatkan pengunduran diri dari para pejabat serta menteri yang berada di bawah naungan kabinet Trudeau.

Salah satu berita menghebohkan yang dapat meruntuhkan kabinet Trudeau adalah mengenai pengunduran diri seorang pejabat tinggi Kanada yang membuat Justin Trudeau merasa tertekan dan memberikan efek yang besar bagi kabinet Trudeau. Gerald Butts, penasehat politik utama perdana menteri Kanada sekaligus sahabat dekat dari Justin Trudeau memberikan surat pengunduran dirinya beberapa bulan sebelum diadakan pemilu setempat. Dengan pengunduran diri yang dilakukan Gerald Butts, memberikan tekanan sekaligus menjadi pukulan terberat karean Gerald Butts dikenal sebagai pendukung utama sekaligus pelopor yang mengsukseskan pemilu kabinet yang dipimpin oleh Trudeau. Banyak pihak yang mengaitkan pengunduran Gerald Butts ini berkaitan dengan kasus tuduhan yang tengah terjadi dikalangan menteri dan pejabat dalam naungan kabinet Truduea.

Namun Gerald Butts membantah alasan tersebut dan mengatakan bahwa pengunduran dirinya tidak ada kaitannya sama sekali dengan kasus tuduhan serta krisis politik yang tengah menimpa pemerintahan Trudeau. Selain itu, banyak juga pihak yang mengaiktakan kemunduran Gerald Butts sebagai salah satu strategi politik yang digunakan lawan untuk menghancurkan politik yang dipimpin oleh Justin Trudeau agar kalah dalam pemilu setempat. Akan tetapi Gerald Butts juga membantah tuduhan tersebut dan menganggap pihak pemerintah telah melakukan tindakan yang telah sesuai atas tuduhan yang ditujukan terhadap para menteri dan mengambil tindakan pengunduran diri adalah jalan terbaik agar bisa menjauh dari perhelatan politik panas yang tengah terjadi. Pengunduran diri Gerald Butts memberikan kekosongan besar bagi kabinet yang dipimpin oleh Trudeau, terutama pengunduran diri tersebut dilakukan seminggu setelah Jody Wilson Raybould mengundurkan diri sebagai menteri kehakiman Kanada.

Gerald Butts merupakan kunci utama dalam kampanye pemilihan umum yang berhasil dilakukannya pada tahun 2015 yang berhasil membawa partai Liberal dari tempat ketiga dalam jajak pendapat menuju kemenangan sehingga berhasil membawa Justin Trudeau untuk menempati posisi perdana menteri Kanada. Dengan kasus kemunduran dua pejabat penting dalam kabinet Trudeau, pihak masyarakat mempertanyakan mengenai pemerintahan yang dijalankan oleh Trudeau dan merasa ragu apakah selama ini berjalan dengan baik atau tidak mengingat banyak sekali kasus politik yang terjadi didalam kabinet tersebut. Terutama pada kasus pengunduran diri yang dilakukan oleh Gerald Butts yang merupakan penasihat politik menteri sekaligus anggota agen slot yang menjadi pukulan besar bagi kebainet yang berada dibawah naungan Trudeau.

Kepemimpinan Justin Trudeau Yang Dipertanyakan Masyarakat
Berita Biographi Informasi Komunitas Organisasi

Kepemimpinan Justin Trudeau Yang Dipertanyakan Masyarakat

Kepemimpinan Justin Trudeau Yang Dipertanyakan Masyarakat – Warga Kanada, Amerika Utara tengah mempertanyakan mengenai kepemimpinan kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri Justin Trudeau dalam tindakan serta aksinya untuk mengatasi masalah yang ada didalam negeri. Masalah yang muncul saat kepemimpinan perdana menteri Justin Trudeau bukan hanya masalah biasa tetapi masalah yang justru memberikan efek besar bagi pemerintahan. Salah satu masalah politik yang tengah terjadi bahkan dapat meruntuhkan kabinet Trudeau adalah masalah atas tuduhan terhadap para menteri yang berada di bawah naungan kabinet Trudeau mengenai pembatalan tuntutan perusahaan global SNC-Lavalin Group Inc.

SNC-Lavalin Group Inc merupakan salah satu perusahaan global yang beroperasi di Quebec dan menjadi perusahaan yang mendukung kabinet pemerintahan Justin Trudeau dalam pemilu sebelumnya. Namun perusahaan tersebut tengah diterpa isu kasus suap dan penipuan yang mengakibatkan kerugian besar. Dalam isu kasus suap dan penipuan yang dilakukan perusahaan SNC-Lavalin Group Inc tersebut, nama para menteri yang berada di bawah naungan kabinet Trudeau menjadi terseret dan terkena tuduhan atas pembatalan tuntutan terhadap perusahaan yang bersangkutan agar tidak maju dalam pengadilan. Hal tersebut memunculkan banyak spekulasi bagi masyarakat mengenai isu tindakan yang dilakukan para menteri tersebut. Selain itu juga, para menteri yang berada dibawah kepemimpinan Trudeau juga dituduh melakukan penekanan terhadap Jody Wilson Rayhould, selaku menteri kehakiman dan jaksa agung untuk membatalkan dan menghentikan tuntutan terhadap perusahaan global yang bersangkutan.

Kepemimpinan Justin Trudeau Yang Dipertanyakan Masyarakat

Benar atau tidaknya isu tuduhan yang dilayangkan terhadap para menteri dalam kabinet Trudeau tengah diselidiki dan apabila terdapat bukti nyata yang menyatakan bahwa tuduhan tersebut benar, maka akan terjadi perombakan besar-besaran dalam kabinet Trudeau. Nama Jody Wilson Rayhould yang muncul dalam pemberitaan menjadi lebih banyak sehingga menjadikan Jody Wilson Rayhould merasa tertekan dan memutuskan untuk mengundurkan diri agar tidak terlibat terlalu jauh dalam isu politik yang tengah terjadi. Jody Wilson Rayhould melakukan tindakan pengunduran diri dari posisinya sebagai menteri kehakiman dan jaksa agung dalam kabinet Trudeau yang memberikan dampak negatif bagi keberlangsungan kabinet tersebut.

Bukan hanya dari pihak Jody Wilson Rayhould yang melakukan tindakan pengunduran diri karena merasa tertekan dengan tuduhan yang dilayangkan terhadap para menteri, beberapa menteri atau pejabat lainnya juga mengikuti tindakan pengunduran diri tersebut yang memberikan pukulan besar bagi Justin Trudeau sendiri. Sahabat sekaligus Jody Wilson Rayhould dalam kabinet Trudeau, Jane Philpotts juga melakukan tindakan pengunduran diri. Pengunduran diri yang dilakukan oleh Jane Philpotts merupakan bentuk kekecewaan Jane terhadap pemerintahan Trudeau yang tidak mampu menyelesaikan isu politik yang dilayangkan terhadap para menteri. Jane Philpotts mengundurkan diri dari posisinya sebagai presiden dewan keuangan yang membuat kabinet Trudeau semakin terpuruk. Dengan banyanya kasus politik yang ada didalam kabinet Trudeau, tidak mengherankan jika pihak masyarakat mempertanyakan kepemimpinan kabinet tersebut.

Mengintip Sistem Politik Amerika Serikat
Berita Blog Informasi

Mengintip Sistem Politik Amerika Serikat

Mengintip Sistem Politik Amerika Serikat – Amerika Serikat yang secara geografis berada di wilayah Amerika Utara memiliki representasi politik berbentuk federal demokratis, dimana presiden dipilih melalui pemilu yang diikuti rakyat. Pemerintahan Amerika Serikat terdiri atas tiga divisi utama, yakni divisi legislatif, divisi eksekutif, dan divisi yuridis. Ketiga divisi utama tersebut bekerja berdasarkan garis haluan yang ditetakan Kongres Konstitusi Amerika Serikat, Presiden, dan mahkamah agung.

Sistem pemilu di Amerika Serikat meliputi pemilu nasional, pemilu daerah, dan pemilu untuk memilih pejabat pemerintahan lokal, yang kesemuanya bersatu dan bekerjasama untuk membuat dan menjalankan hukum yang mengatur Amerika Serikat. Pemilu ini berpusat kepada dua haluan partai besar di Amerika, yakni partai Demokrat dan Republik. Seperti halnya di Indonesia, meskipun setiap penduduk memilih satu orang untuk menjadi pemimpin, biasanya calon tersebut berafiliasi satu sama lain dalam sebuah partai.

Amerika Serikat adalah negara dengan tingkat keberagaman yang tinggi, oleh karena itu para politisi bersaing untuk sebuah posisi melalui fokus program yang berbeda-beda, yang masing-masing mengakomodasi isu-isu dan ketertarikan masyarakat umumnya. Masyarakat yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap sebuah isu biasanya berkumpul membentuk organisasi. Organisasi inilah yang juga memainkan peran penting dalam proses pemilu, karena mereka dapat menjadi representasi publik. Calon anggota legislatif hendaknya juga bisa masuk ke dalam organisasi-organisasi masyarakat tersebut untuk bisa mengakomodasi cita-cita seluruh masyarakat yang terpapar pada visi misi organisasi. Namun, hal ini sempat menimbulkan pertanyaan publik Amerika Serikat, apakah negara tersebut benar-benar memiliki asas demokrasi ataukah hanya sebuah oligarki atas sekelompok masyarakat yang memiliki ketertarikan tertentu. Selain itu, media juga berperan penting dalam politik, yakni mempengaruhi publik dan berperan sebagai penyaring informasi.

Secara tipikal, partai politik Amerika Serikat mencari celah untuk bisa mempengaruhi peraturan pemerintah dengan mendaftarkan kandidat terpilih dari partai mereka untuk menduduki kursi politik resmi melalui proses pemilu. Partai-partai tersebut haruslah memaparkan visi dan misi yang jelas dengan publikasi yang mumpuni untuk bisa menjembatani berbagai ketertarikan dan isu berbeda di tengah masyarakat.

Cara pelaksanaan pemilu adalah hal paling krusial untuk menentukan sistem sebuah sistem partai politik. Di negara bagian Amerika Serikat yang memiliki pluralisme sedikit, biasanya hanya ada dua calon pemimpin yang dipilih secara yuridis. Kemudian di negara yang memiliki sistem voting yang proporsional seperti yang ada di kebanyakan wilayah Eropa, atau sistem voting preferensial seperti Irlandia, tiga partai atau lebih dipilih ke parlemen dalam beberapa proporsi.

Pada sistem non partisan, tak ada partai politik resmi yang dilibatkan, salah satunya alasannya karena partai politik resmi memiliki peraturan ketat yang melingkupi partai politik. Pada pemilu non paritsan, masing-masing kandidat bisa memasuki pemerintahan berdasarkan isu politik yang diperjuangkan. Sementara untuk peraturan legislatif sistem non partisan, tidak ada ikatan legislatif antara partai politik formal dengan lembaga pemerintahan.

Pada sistem dua partai seperti yang dianut Jamaika dan Ghana, dua partai politik saling bersaing untuk memperluas pengaruhnya dan mendominasi partai lainnya. Sedangkan sistem multi partai adalah sistem yang menempatkan lebih dari dua partai untuk ditampilkan dan dipilih pada pemilu untuk menduduki kursi pemerintahan. Contoh negara yang menerapkan sistem multi partai adalah Australia, Kanada, Pakistan, India, Irlandia, Inggris, dan Norwegia. Negara-negara tersebut memiliki dua partai besar yang bekerja sama dengan partai-partai “ketiga”

Mengetahui Bagaimana Sistem Pemerintahan Amerika Utara
Berita Blog Informasi Organisasi

Mengetahui Bagaimana Sistem Pemerintahan Amerika Utara

Mengetahui Bagaimana Sistem Pemerintahan Amerika Utara – Amerika Utara adalah pemerintahan federal dari Amerika Serikat, sesuai dengan yang tercantum pada Konstitusi Amerika, yang terbagi ke dalam tiga divisi utama, yakni legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Divisi legislatif Amerika Utara berpusat di Kongres Amerika Serikat, yang terdiri atas Senat dan House of Representative. Kongres yang terletak di Washington DC ini membuat dan mengumpulkan pajak kemudian memutuskan untuk kepentingan negara yang mana aliran dana tersebut. Kongres membuat peraturan hukum yang dibutuhkan dan juga bertanggung jawab atas keamanan dan kesiapan negara melalui tenaga militer. Kongres juga bertanggung jawab untuk mendeklarasikan perang jika dibutuhkan.

House of Representative Amerika Utara terdiri atas 435 anggota. Masing-masing anggota ini menjadi representasi atas sebuah daerah di negara-negara bagian Amerika Serikat. Mereka bertugas selama 2 periode maksimal, dan siapapun bisa menjadi anggota House of Representative jika telah menjadi penduduk setempat selama 7 tahun dan berusia setidaknya 25 tahun. Masing-masing daerah bisa mengirimkan perwakilannya berdasarkan jumlah populasi daerah tersebut. Untuk senat, masing-masing daerah harus mengirim dua delegasi yang akan melayani selama periode 6 tahun. Senat terdiri atas 100 anggota agen bola.

Senat dan House of Representative masing-masing memiliki tanggung jawab yang berbeda. House of Representative memiliki kekuatan untuk menurunkan jabatan Presiden jika diperlukan. Sedangkan Senat bertanggung jawab untuk menguji coba presiden dan memiliki peran untuk memberikan pertimbangan pada House of Representative jika presiden yang akan diturunkan jabatannya ternyata harus dipertahankan.

Amerika Serikat saat ini memiliki dua partai besar, yakni partai Demokratis dan partai Republik. Abraham Lincoln adalah seorang presiden yang menjadi representasi partai republik pertama di kursi kepemimpinan Amerika. Sedangkan partai Demokratis adalah perkembangan dari partai Anti Federalis, yang eksis saat formasi Amerika terjadi. Sejak tahun 1860 partai Demokrat telah membentuk beberapa partai terpisah yang mengantarkan 15 presiden terpilih.

Presiden Amerika memiliki kewenangan eksekutif yang dijalankan bersama Wakil Presiden dan para anggota kabinet terpilih. Presiden memiliki kewenangan untuk menerima hukum dan mempertimbangkannya, dan bertugas untuk menjaga kebebasan yang tercantum pada Konstitusi Amerika dan menentukan cara terbaik untuk mempertahankan kejayaan negara.

Sebelum sebuah hukum diberlakukan, rancangan hukum tersebut harus melewati peninjauan House of Representative dan Senat terlebih dahulu. Presiden memiliki kewenangan untuk menandatangani dan menerima sebuah hukum, melakukan veto, atau memutuskan untuk menolaknya. Meskipun Kongres bisa meresmikan hukum tanpa adanya tanda tangan presiden, Kongres harus mendapatkan persetujuan melalui tanda tangan dua atau tiga anggota dari masing-masing divisi di House of Representative.

Lembaga yudikatif Amerika Serikat terdiri atas seluruh sistem hukum negara. Hierarki paling atas diduduki oleh Mahkamah Agung Amerika Serikat, yang menugasi Kongres untuk membangun pengadilan-pengadilan di level yang lebih rendah. Mahkamah Agung meninjau kasus-kasus yang melibatkan pemerintahan federal dan perselisihan antar negara bagian. Mahkamah Agung bisa mengatur putusan atas perselisihan yang menyangkut Konstitusi Amerika dan peraturan yang mengikatnya.

Di bawah hierarki Mahkamah Agung adalah Pengadilan Amerika Serikat dan Pengadilan Daerah Amerika Serikat. Pengadilan daerah lebih banyak menangani kasus perselisihan, sedangkan pengadilan Amerika Serikat menangani permintaan atau pertanyaan mengenai hukum yang berlaku di suatu daerah.

Pemerintahan Amerika Serikat benar-benar merepresentasikan landasan hukum yang terdapat pada Konstitusi yang ditetapkan oleh para pendiri Amerika terdahulu pada tahun 1789 dan masih relevan hingga saat ini.

Politik Ekonomi Di Amerika Utara
Berita Blog Informasi Organisasi

Politik Ekonomi Di Amerika Utara

Politik Ekonomi Di Amerika Utara – Setiap wilayah di Amerika Utara memiliki industri tertentu yang mempengaruhi stabilitas ekonomi. Industri-industri tersebut menyediakan mesin penggerak motor ekonomi bagi wilayah berkaitan karena keadaannya yang mampu memberikan pendapatan melalui transaksi dengan wilayah lainnya. Basis ekonomi tersebut berhubungan dengan keadaan wilayah, alih-alih berhubungan dengan sektor industri primer dan sekunder. Selain itu potensi pariwisata Amerika Utara berpengaruh pada keadaan ekonomi negara tersebut. Politik ekonomi ada untuk menjembatani dua sektor yakni politik dan ekonomi, dan kaitannya juga dengan hubungan antar negara ekspor-impor.

Hal yang luar biasa mengenai sektor primer Amerika Utara adalah meskipun Amerika Serikat dan Kanada memiliki sektor makanan dan sektor produksi primer lainnya, namun para penduduk negara-negara tersebut sangat sedikit yang terlibat langsung dalam industri ini. Hal tersebut disebabkan oleh inovasi teknologi yang terjadi secara besar-besaran di awal abad ke-20. Inovasi teknologi tersebut membuat para petani mampu menanam di lahan yang lebih luas dengan tenaga yang lebih sedikit. Namun hal ini menyebabkan ladang pertanian menjadi kurang menjanjikan karena harga sayur semakin murah dan mudah diperoleh.

Hal yang menjadi penting bagi keadaan politik ekonomi Amerika Utara terletak di sektor pertanian. Karena sektor ini berkaitan langsung dengan ketersediaan bahan baku bagi sektor industri primer. Amerika Utara memproduksi susu, buah-buahan, sayuran segar, dan didistribusikan ke negara-negara bagian di sekitar karena keadaannya yang tidak tahan lama. sebaliknya, gandum bisa dikirimkan ke seluruh dunia tanpa menemui masalah yang berarti. Ekspor dari sektor pertanian ini mempengaruhi keadaan politik ekonomi Amerika Utara.

Keberadaan sektor industri pertama ini berkaitan erat dengan berlangsungnya kegiatan ekonomi pada sektor industri kedua. Meskipun beberapa perusahaan atau pabrik yang bergerak di industri kedua telah pindah ke negara atau daerah lain, namun perusahaan yang tinggal di Amerika Utara memilih untuk berdekatan dengan lokasi industri sektor pertama, dengan alasan menurunkan biaya kirim. Adanya revolusi industri juga telah menyebabkan beberapa pabrik tutup, namun juga membuka beberapa pabrik lainnya. Hal yang perlu diingat berkaitan dengan sektor industri kedua di Amerika Utara adalah kaitannya dengan perusahaan-perusahaan multinasional yang mendistribusikan hasil produksinya ke seluruh dunia, sehingga bisa berpengaruh positif bagi perokomian Amerika Utara. Pindahnya beberapa perusahaan industri dari Amerika Utara ke negara lain adalah untuk menghemat pengeluaran untuk tenaga kerja dibandingkan dengan tenaga kerja Amerika Utara.

Dengan adanya revolusi industri pula, banyak perusahaan yang bergerak di sektor industri tersier bergeser pola dari kepemilikan pribadi menjadi perusahaan besar. Hal ini terutama terlihat pada industri retail seperti Walmart dan Target, dan juga perbankan dan industri kesehatan. Sektor ekonomi terdampak pengaruh revolusi industri yang membuat supply barang semakin mudah didapatkan hingga ke lokasi pinggir kota, sehingga masyarakat perkotaan yang tidak menemukan barang yang mereka butuhkan di pusat kota bisa lari mencari ke pinggiran kota, atau sebaliknya. Hal ini menyebabkan perindustrian memiliki daya saing lebih tinggi, karena memiliki ækolamÆ yang lebih besar.

Sektor yang berkembang pada perekonomian Amerika Utara saat ini adalah pariwisata. Sektor industri tersier ini menggantikan sektor industri primer yang gagal di beberapa wilayah di Amerika Utara. Industri pariwisata ini mulai berkembang pada pertengahan abad ke-20 dimana mobil mulai diproduksi massal dan para keluarga yang bekerja kantoran memiliki waktu libur resmi.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!